Pasar properti residensial di kawasan Bandung terus bergerak naik seiring perkembangan pembangunan infrastruktur di kota tersebut.

Kawasan yang dinilai cukup melonjak drastis adalah area Bandung Timur yang semakin berkembang cepat. Salah satu daya tarik yang paling jadi primadona adalah adanya rencana pengembangan Bandung Teknopolis di kawasan Gedebage yang akan mengedepankan teknologi sebagai basisnya.

Selain itu, pengembangan infrastruktur di sekitar wilayah Bandung Timur juga semakin mempercepat laju harga tanah di kawasan tersebut. Adanya pembangunan infrastruktur seperti kereta cepat Jakarta-Bandung, pembangunan tol layang Jakarta-Cikampek, serta pembangunan Light Rail Transit (LRT) Metro Kapsul, dan pembukaan pintu tol langsung menuju Gedebage membuat investasi di wilayah ini semakin menguntungkan. Sebagai contoh, harga per meter persegi yang semulanya dipatok Rp7,05 juta pada akhir 2016 naik menjadi Rp7,26 juta hanya dalam satu kuartal saja.

Kenaikan sebesar 3,12% ini tentunya menjadi pesona tersendiri bagi para investor yang hendak membeli properti di kawasan Bandung Timur. Bahkan Ketua Real Estat Indonesia (REI) wilayah Jawa Barat, Irfan Firmansyah mengatakan saat ini tanah yang dibanderol dengan harga Rp. 700.000 – Rp. 800.000 per meter sudah sulit ditemukan di daerah Bandung bagian timur.

Salah satu properti yang terkena dampaknya yaitu Grand Sharon Residence yang berlokasi di Rancasari, Bandung. Properti yang ditawarkan di Grand Sharon Residence berkisar dari harga 600 juta tergantung dari spesifikasi bangunan yang diinginkan. Dalam beberapa tahun, jumlah hunian di Grand Sharon Residence meningkat drastis dikarenakan untuk mendapatkan tempat tinggal baru di kawasan kota Bandung sendiri sudah cukup sulit. Kalaupun ada, tentunya akan ditawarkan dengan harga yang fantastis.

Bandung sebagai salah satu kota terpadat di Indonesia memang terbilang cukup menjanjikan baik sebagai hunian dan bentuk investasi masa depan. Permintaan properti sektor residensial memang meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan beberapa tahun ke belakang. Perkembangan sektor residensial pun lebih pesat dibandingkan dengan sektor lainnya. Selain transportasi yang semakin mudah, kondisi alam Bandung yang masih sejuk ditambah objek wisata yang kian digalakkkan menjadi magnet kuat lainnya bagi para investor untuk memiliki hunian di kawasan ini.

Dengan akses yang mudah dari dan menuju Jakarta serta beragam pembangunan yang tengah digencarkan, apakah Anda masih ragu untuk untuk membeli properti di Bandung Timur?